Sorting Pada Struktur Data

1.      Radix Sort
Radix sort merupakan salah satu algoritma Non-Comparasion Sort (pengurutan tanpa pembanding). Proses yang dilakukan dalam metode ini adalah mengklasifikasi data sesuai dengan kategori terurut yang tertentu, dan tiap kategori dilakukan pengklasifikasian lagi, dan seterusnya sesuai kebutuhan, lalu subkategori-kategori tersebut di gabungkan kembali.
Secara harfiah Radix dapat diartikan sebagai posisi dalam angka, karena metode ini pertamakalinya mengurutkan  nilai-nilai input berdasarkan radix pertamanya, lalu pengurutan dilakukan berdasarkan radix keduanya, dan begitu seterusnya. Pada system decimal, radix adalah digit dalam angka decimal.

Berikut ini adalah contoh penggunaan algoritma radix sort untuk pengurutan sebuah kumpulan bilangan bulat.







2.      Shuffle Sort
Shuffle sort dapat dianggap sebagai pembentukan pohon yang sangat luas, seperti B-tree
dengan m = n/8, untuk memilih efisien dalam banyak kasus.
Shuffle sort memperkirakan distribusi barang yang akan di urutkan dengan memeriksa n / 8 item pertama. Semacam partsi distributive memperkirakan distribusi dengan mendekati median dan intrpolasi linear dari minimum untuk median dan dari median untuk maksimal.

Contoh source codenya :




3. Shell Sort


      Metode ini dikembangkan oleh Donald L. Shell pada tahun 1959. Dalam metode ini  jarak antara dua elemen yang dibandingkan dan ditukarkan tertentu. Secara singkat metode ini dijelaskan sebagai berikut. Pada langkah pertama, kita ambil elemen  pertama  dan  kita  bandingkan dan kita bandingkan dengan elemen pada jarak tertentu dari elemen pertama tersebut. Kemudain elemen kedua kita bandingkan dengan elemen lain dengan jarak yang sama seperti jarak yang sama seperti diatas. Demikian seterusnya sampai seluruh elemen dibandingkan. Pada langkah kedua proses diulangdengan langkah yang lebih kecil, pada langkah ketiga jarak tersebut diperkecil lagiseluruh proses dihentikan jika jarak sudah sama dengan satu.


Contoh dari proses Sorting dengan menggunakan metode Shell Sort :





Contoh source codenya :





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Autobiografi

PENGENALAN CINEMA 4D

Tutorial Pembuatan Account List Pada MYOB