AGAMA ISLAM

A.    Pengertian Dan Ruang Lingkup Agama Islam
Islam menurut bahasa berasal dari kata “aslama”, yang berarti tunduk,patuh,dan berserah diri. Islam adalah agama yang diturunkan Allah SWT kepada Rasul-rasulnya untuk di sampaikan kepada manusia. Agama islam mengajarkan untuk mengatur hubungan antara manusia dengan Allah, manusia dengan manusia, dan manusia dengan alam. Agama islam mengajarkan aqidah yaitu tauhid atau mengesakan Allah SWT. Islam adalah wahyu terakhir yang di turunkan oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW.
Al- Quran menjelaskan bahwa para Nabi Allah membawa agama islam bagi umatnya :

 




Katakanlah (hai orang-orang mukmin): "Kami beriman kepada Allah dan apa yang diturunkan kepada kami, dan apa yang diturunkan kepada Ibrahim, Isma'il, Ishaq, Ya'qub dan anak cucunya, dan apa yang diberikan kepada Musa dan Isa serta apa yang diberikan kepada nabi-nabi dari Tuhannya. Kami tidak membeda-bedakan seorangpun diantara mereka dan kami hanya tunduk patuh kepada-Nya". Al Baqarah:136 ﴿

Ajaran agama islam yang diturunkan kepada Nabi Muhammad merupakan wahyu yang terakhir diturunkan secara sempurna yang terkumpul di dalam kitab suci Al-Quran. Tidak akan ada lagi wahyu yang akan diturunkan ke muka bumi. Ketetapan ini dinyatakan dalam firman Allah :

 



Pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah Ku-cukupkan kepadamu ni'mat-Ku, dan telah Ku-ridhai Islam itu jadi agama bagimu. Maka barang siapa terpaksa398 karena kelaparan tanpa sengaja berbuat dosa, sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (QS. Al- Maidah, 5:3).

Ayat diatas mengisyaratkan bahwa agama islam mampu menjadi landasan hidup dan menyediakan jawaban terhadap segala permasalahan dan perkembangan budaya manusia sampai akhir sejarahnya.

B.     Klasifikasi Agama dan Agama Islam
Dilihat dari sumber, sifat, dan tempatnya, agama dapat di klasifikasikan atas 3 kategori, yaitu :
1.      Agama Wahyu dan bukan wahyu
·         Agama wahyu adalah agama yang menghendaki iman kepada Tuhan, kepada rosul-rosul, kepada kitab-kitab suci serta pesan yang di berikan kepada manusia.
·         Agama bukan wahyu tidak memandang penyerahan kepada tuhan dan menaati aturannya sebagai suatu hal esensial.
2.      Agama misionari dan bukan misionari
·         Agama misionari adalah agama yang ajarannya harus disebarkan keseluruh umat manusia
·         Agama bukan misionari adalah tidak ada kewajiban untuk menjebarkan ajarannya keseluruh umat manusia.
3.      Agama ras  geografis dan agama universal

Dilihat dari segi sumber agama di bagi menjadi 2, yaitu
1.      Agama Samawi (Langit)
Agama yang berasal dari wahyu Allah yang diberikan oleh rosul pilihan melalui jibril.
Contoh : agama islam dan agama nabi terdahulu

Karakteristik agama samawi :
·         Konsep keturunannya, percaya hanya pada satu tuhan saja
·         Mempercayai adanya nabi dan rosul
·         Memiliki kitab suci yang asli dan terjaga
·         Ajarannya tetap tidak berubah
·         Ajarannya berlaku universal dan menyeluruh

2.      Agama ardhi (Bumi)
Agama yang berasal dari pemikiran, perenungan, dan kehendak manusia di bumi.
Contoh : agama Hindu, Budha, Konghuchu, Animisme

Karakteristik agama ardhi :
·         Konsep ketuhanannya
·         Tidak mengenal nabi dan rosul
·         Tidak memiliki kitab suci yang asli
·         Ajarannya berubah sesuai situasi dan kondisi
·         Ajarannya tidak berlaku universal

    C.    Agama Islam dan IPTEK
Agama islam bersumber dari wahyu Allah, sedangkan ilmu pengetahuan bersumber dari pemikiran manusia yang disusun berdasarkan hasil penyelidikan alam.
Memeriksa, mengamati dan menyelidiki adalah kegiatan – kegiatan ilmiah untuk menghasilkan teori-teori ilmu pengetahuan dan selanjutnya melahirkan teknologi yang dimanfaatkan untuk kesejahteraan manusia di muka bumi.
Dengan IPTEK manusia dapat menghayati kekuasaan Allah secara mendalam dan empiric, sehingga kualitas keimanannya kepada Allah semakin kuat. Karena itulah posisi ilmuwan sangat mulia di hadapan Allah, sebagaimana dalam firmannya :


 Hai orang-orang beriman apabila kamu dikatakan kepadamu: "Berlapang-lapanglah dalam majlis", maka lapangkanlah niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan: "Berdirilah kamu", maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.(Q.S Al Mujadilah, 58:11) 




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Autobiografi

PENGENALAN CINEMA 4D

Tutorial Pembuatan Account List Pada MYOB