BAB. IV Analisis WEB

Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas tentang Jurnal "A Framework for Web Science" pada bagian "Analisis WEB", dibawah ini merupakan pembahasannya :

Analisis Web adalah pengukuran, pengumpulan, analisis dan pelaporan data internet untuk tujuan memahami dan mengoptimalkan penggunaan web. Metodologi adalah cara-cara yang digunakan oleh seseorang secara rutin dalam menyelesaikan suatu pekerjaan. Jadi Metodologi Analisis Web adalah cara yang digunakan untuk mengoptimalkan sebuah web dengan melakukan pengumpulan serta pengukuran data pada internet. 
Analisis Web yang akan kita bahas ada tiga macam, yaitu :
1.      Web Topologi
2.      Struktur Web
3.     Investigasi Grafik Teori

A.    Web Topologi

Web adalah salah satu layanan yang didapat oleh pemakai computer yang terhubung ke internet. Website atau situs dapat diartikan sebagai kumpulan halaman-halaman yang digunakan untuk menampilkan informasi teks, gambar diam atau gerak, animasi, suara, dan atau gabungan dari semuanya itu baik yang bersifat statis maupun dinamis yang membentuk satu rangkaian bangunan yang saling terkait dimana masing-masing dihubungkan dengan jaringan-jaringan halaman (hyperlink).

Menurut Jargon File, istilah "efek Slashdot" mengacu pada fenomena dari sebuah situs web menjadi hampir tidak terjangkau karena terlalu banyak orang mengakses situs tersebut setelah situs itu disebutkan dalam sebuah artikel menarik di layanan berita populer Slashdot. Ia kemudian diperpanjang untuk menggambarkan setiap efek yang sama dari yang tercantum di situs populer, mirip dengan istilah yang lebih umum, flash crowd, yang merupakan istilah yang lebih tepat.

Efek Slashdot, juga dikenal sebagai slashdotting, terjadi ketika pranala situs web populer ke situs yang lebih kecil, yang menyebabkan peningkatan besar dalam lalu lintas situs kecil tersebut. Ini menyebabkan beban besar pada situs kecil, menyebabkan situs tersebut melambat atau bahkan sementara menjadi tidak tersedia. Google Doodle, yang menghubungkan ke hasil pencarian pada topik doodle, juga mengakibatkan peningkatan lalu lintas yang tinggi dari halaman hasil pencarian.Biasanya, situs yang kurang kuat tidak mampu mengatasi peningkatan besar dalam lalu lintas dan menjadi tidak tersedia - penyebab umum adalah kurangnya bandwidth data yang memadai, server yang gagal untuk mengatasi tingginya jumlah permintaan, dan kuota lalu lintas. Situs yang diselenggarakan pada layanan hosting berbagi sering gagal ketika dihadapkan dengan efek Slashdot.

B.    Struktur Web
Struktur Situs Web merupakan bagian yang sangat penting yang harus dikuasai oleh seorang web designer. Dalam suatu organisasi apapun, pasti memiliki struktur organisasi. Organisasi situs web mengatur bagaimana hubungan antar halaman web, sehingga membuat pengunjung situs menjadi nyaman.

Keuntungan struktur situs web yang dibuat dengan baik :
  • Dapat mengkomunikasikan pesan yang ingin disampaikan kepada pengunjung situs.
  • Pengguna situs web dapat dengan mudah memahami situs web.
  • Mudah untuk dikembangkan pada waktu yang akan datang, termasuk mengupdate suatu halaman situs jika diperlukan.
  • Dapat menurunkan biaya cost pengunjung situs .
          I.            Struktur Situs Web :

Ø  Struktur Linear :
a.       Struktur linear murni:
·         Digunakan untuk situs-situs web yang kecil, seperti personal page.
·         Biasanya hanya terdiri dari 4 – 10 halaman.
·   Cocok digunakan untuk menampilkan isi yang bersifat tutorial atau penjelasan mengenai suatu pokok bahasan.
·     Kelemahan struktur jenis ini adalah ketidaknyamanan pengunjung dalam menjelajasi isi situs web.
·         Pada situs web yang besar struktur ini masih digunakan, tetapi hanya sebatas untuk bagian-bagian penting seperti halaman-halaman registrasi.

b.      Struktur linear dengan halaman tambahan:
·    Digunakan untuk menjelaskan sebuah isi sama seperti struktur linear murni
·    Uraian ini cocok untuk membuat sebuah penjelasan yang banyak mengandung uraian detail yang boleh untuk dilewatkan.
· Kelemahan struktur ini sama dengan kelemahan struktur linear murni, yaitu pengunjung tidak dapat melompat kesuatu halaman tanpa melewati halaman berikutnya.

c.       Struktur linear dengan halaman pilihan:
·   Pada struktur ini pengunjung diberi pilihan untuk melompat ke suatu halaman tertentu tanpa harus melewati halaman berikutnya.
·         Struktur ini banyak digunakan pada sebagian besar situs web yang ada.
·       Cocok digunakan untuk menamoilkan informasi yang bersifat ringan, seperti artikel, berita dan informasi lain yang tidak menuntut pengunjung agar menyimak penjelasan secara bertahap.

d.      Struktur linear dengan halaman alternative:
·   Pada dasarnya sama dengan struktur linear murni, bedanya pengunjug diberi alternatif “jalan” untuk pergi ke sebuah halaman.
·         Struktur ini hanya sedikit lebih baik dari struktur linear murni.
·   Struktur ini digunakan untuk isi situs yang bersifat menjelaskan halaman demi halaman, namun ada beberapa bagian yang memiliki tingkatan yang sama. Pada bagian inilah dapat dipisah menjadi halaman alternatif.

Ø  Struktur Grid:
·         Merupakan perluasan dari struktur linear murni.
·         Struktur ini juga mengandung struktur linear dengan halaman alternatif dan struktur linear dengan halaman tambahan.

Ø  Struktur Hierarki:
·        Sangat banyak digunakan oleh sebagian besar situs web. Karena struktur ini bersifat fleksibel dan mudah untuk dikembangkan jika diperlukan.
·         Menggunakan sub-sub direktori dan membentuk level-level ke bawah.
·    File-file yang memiliki karakteristik fungsi yang sama akan disimpan dalam satu dierktori.
·  Pada struktur ini gambar-gambar yang digunakan dalam setiap halaman web disimpan dalam sebuah drektori tertentu.

Jenis-jenis Struktur Hierarki :
1.         Struktur hierarki lebar/ wide hierarki:
·     Merupakan struktur dasar dari bentuk hierarki dimana terdapat sebuah halaman depan yang menghubungkan halaman-halaman lain di dalam situs web.
·      Penempatan halaman-halaman selain halaman depan diletakkan dalam satu level melebar.
·       Struktur ini sering digunakan pada situs-situs web yang sederhana dimana sebuah halaman index yang menghubungkan dengan halaman-halaman isi.

2.         Struktur hierarki pendek/ narrow hierarki:
·       Mirip dengan struktur hierarki lebar, perbedaannya adalah struktur ini menempatkan halaman-halaman isi menjadi lebih “dalam” atau lebih “masuk” ke dalam.
·     Sebagian besar situs web yang ada saat ini menggunakan gabungan antara dua jenis struktur hierarki ini.
·    Perlu diperhatikan bahwa struktur-struktur dasar ini tidak dapat diaplikasikan secara mentah-mentah karena penggunaan struktur ini sangat tergantung kepada pembagian kategori isi yang akan dijelaskan.

          II.            Small – World Network

Small World Network adalah sebuah tipe grafik matematikal yang dari banyaknya simpul, namun tidak berhubungan dengan simpul yang lainnya (berbeda) , tetapi banyak nya simpul bisa menjangkau setiap simpul kecil lainnya. Khususnya, small-world network didefinisikan sebagai jaringan di mana L jarak antara dua node yang dipilih secara acak (jumlah langkah yang diperlukan) tumbuh secara proporsional dengan logaritma dari jumlah node N dalam jaringan, yaitu:



Contoh Klasifikasi Small-World Network:


Sebuah kategori tertentu small world network diidentifikasikan sebagai kelas grafik acak oleh Duncan Watts dan Steven Strogatz pada tahun 1998. Mereka mencatat bahwa grafik dapat diklasifikasikan menurut dua fitur struktural independen, yaitu koefisien clustering, dan rata-rata jarak dari simpul satu ke simpul lainnya (juga dikenal sebagai rata-rata panjang jalur terpendek).

       III.            Situs Jejaring Sosial
Jejaring sosial adalah suatu struktur sosial yang dibentuk dari simpul-simpul (yang umumnya adalah individu atau organisasi) yang dijalin dengan satu atau lebih tipe relasi spesifik seperti nilai, visi, ide, teman, keturunan, dll.

Diagram Jaringan Sosial:


Analisis jaringan jejaring sosial memandang hubungan sosial sebagai simpul dan ikatan. Simpul adalah aktor individu di dalam jaringan, sedangkan ikatan adalah hubungan antar aktor tersebut. Bisa terdapat banyak jenis ikatan antar simpul. Penelitian dalam berbagai bidang akademik telah menunjukkan bahwa jaringan jejaring sosial beroperasi pada banyak tingkatan, mulai dari keluarga hingga negara, dan memegang peranan penting dalam menentukan cara memecahkan masalah, menjalankan organisasi, serta derajat keberhasilan seorang individu dalam mencapai tujuannya.

C.    Investigasi Grafik Teori

Kemajuan teknologi memudahkan setiap orang mendapatkan informasi yang mereka butuhkan. Bahkan teknologi informasi juga mengubah bentuk masyarakat manusia dari masyarakat dunia lokal menjadi dunia global, yaitu sebuah dunia yang sangat transparan terhadap perkembangan informasi, transportasi serta teknologi yang begitu cepat dan besar mempengaruhi kehidupan manusia (the big village). Selain itu, teknologi informasi membuat manusia hidup dalam dua dunia kehidupan, yaitu kehidupan masyarakat nyata dan kehidupan masyarakat maya (cybercommunity).

paradigma yang paling terkenal untuk mempelajari web adalah grafik teori. Web dapat dilihat sebagai grafik yang memiliki (poin tengahnya berupa halaman dan memiliki (ditujukan) pada garis sampul berupa koneksi) node halaman dan yang(diarahkan) menuju ujung-ujungnya yang merupakan sebuah links. Karena sangat sedikit weblinks yang bersifat acak, jelas bahwa garis-garis dari grafik mengkonversi banyak struktur yang dilihat oleh desainer dan penulis konten sangat penting.

 

Gambar diatas merupakan bentuk bowtie (dasi kupu-kupu) atau ‘Simpul’ dasi adalah sebuah gugus yang terhubung dengan kuat (SCC) dari webgraph di mana ada jalur antara setiap pasangan titik tengah. SCC diapit oleh 2 pasang grup, yang menghubungkan mereka ke SCC tetapi tidak ada yang menghubungkannya kembali (ditandai sebagai IN dalam figur), dan beberapa yang dihubungkan dengan SCC tetapi tidak terhubung kembali (OUT).

Hubungan antara SCC, IN dan OUT memberikan bentuk bowtie(dasi kupu-kupu). Implikasi-implikasi dari penemuan-penemuan topologi masih perlu dipahami. Struktur bowtie(dasi kupu-kupu) cocok digunakan di berbagai skala. bagian yang lebih kecil dari Web juga memiliki bentuk bowtie(dasi kupu-kupu), petunjuk bahwa Web memiliki sifat fraktal yang menarik, yaitu bahwa setiap tematis kompak yang menampilkan bagian (banyak) karakteristik yang sama sebagai Web pada umumnya. . Setiap TUC akan memiliki SCCnya masing-masing, dan dengan sendirinya IN dan OUT akan mengapit,  yang terkandung dalam SCC akan lebih luas.

Semakin besar skala SCC, disebabkan karena koneksi yang kuat, kemudian dapat bertindak sebagai tulang punggung navigasi antara TUC Dengan demikian, sifat fraktal dari Web memberi kita sebuah indikasi seberapa baik hal tersebut membawa persetujuan antara stabilitas dan keanekaragaman, sebuah nomor pasti yang beralasan pada berbagai koneksi pada berbagai tingkat skala berarti lebih banyak komunikasi yang efektif.

Cyber adalah kebudayaan yang terbentuk karena semakin membudayanya aktifitas manusia menggunakan elektronisasi. Sedangkan Community-masyrakat adalah kelompok-kelompok orang yang menempati sebuah wilayah (territorial) tertentu, yang hidup secara relatif lama, saling berkomunikai, memiliki symbol-simbol dan aturan tertentu serta system hukum yang mengontrol tindakan anggota masyarakat, memiliki system stratifikasi, sadar sebagai bagaian dari anggota masyarakat tersebut serta relatif dapat menghidupi dirinya sendiri. Maka Cyber Community adalah sekumpulan manusia yang saling berkomunikasi, bertukar informasi, menjalankan hidup melalui media elektronik, dikarenakan semakin membudayanya aktifitas manusia menggunakan elektronik.

PageRank adalah sebuah algoritma yang telah dipatenkan yang berfungsi menentukan situs web mana yang lebih penting/populer. PageRank merupakan salah satu fitur utama mesin pencari Google dan diciptakan oleh pendirinya, Larry Page dan Sergey Brin. PageRank, memiliki konsep dasar yang sama dengan link popularity, tetapi tidak hanya memperhitungkan “jumlah” inbound dan outbound link. Dengan pendekatan yang digunakan PageRank, proses terjadi secara rekursif dimana sebuah rangking akan ditentukan oleh rangking dari halaman web yang rangkingnya ditentukan oleh rangking halaman web lain yang memiliki link ke halaman tersebut.

Sekian penjelasan tentang jurnal "A Framework for Web Science" pada bagian "Analisis WEB" semoga bermanfaat... ^_^

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Autobiografi

PENGENALAN CINEMA 4D

Tutorial Pembuatan Account List Pada MYOB