Engineering the Web

A.    Pengertian Web Semantik
Sebuah visi, ide atau pemikiran dari bagaimana memiliki data pada web yang didefinisikan dan dihubungkan dengan suatu cara dimana dapat digunakan oleh mesin tidak hanya untuk tujuan display, tetapi untuk otomatisasi, integrasi dan penggunaan kembali data diantara berbagai aplikasi.
Menurut Jhon Markoff, Web Semantik adalah sekumpulan teknologi yang menawarkan  cara baru yang efisien dalam membantu komputer mengorganisasi dan menarik kesimpulan dari data online.
Visi SW ini adalah sebagai perluasan prinsip – prinsip dari dokumen untuk data. Dan memiliki tujuan untuk memfasilitasi pengguna data serta penemuan.

B.     Perbandingan antara RDF dengan Xlink
      1.      XLink
Bahasa yang menghubungkan untuk XML yang menyediakan beberapa informasi tentang link, tetapi tidak memberikan rujukan eksternal untuk apapun dengan link yang relevan.
      2.      RDF
Memberikan URL khusus untuk hal-hal individual bahkan digunakan untuk hubungan, sebuah referensi URI digunakan sebagai node dalam sebuah grafik RDF. URL juga digunakan sebagai predikat meng - identifikasi hubungan antara hal-hal di identifikasi oleh node yang terhubung

C.    Otologi dalam Web Simantik
Merupakan konsep yang menggambarkan hubungan ensitas atau antar penyimpan. Menunjukkan hirarki kelas dan sub kelas untuk suatu entitas objek. Digunakan untuk melakukan penalaran yang kuat, ontology ini dimodelkan menggunakan Web Ontology Language (OWL).
OWL digunakan ketika informasi yang terdapat pada dokumen atau artikel perlu diproses oleh aplikasi, ini berbeda dengan situasi dimana konten hanya perlu ditampilkan kepada pengguna. OWL memiliki fasilitas lebih untuk mengekspresikan arti dan semantik dibandingkan dengan XML, RDF, dan RDF-Schema dengan demikian OWL melampaui bahasa-bahasa tersebut untuk mewakili penafsikan ke mesin dari konten web.

D.    Folksonomi dan Struktur Sosial
Penggunaan ontologi menambah struktur data. Ada semakin banyak aplikasi didorong oleh desentralisasi masyarakat dari bawah ke atas. Sebagai contoh, sebuah wiki adalah sebuah situs web yang memungkinkan pengguna dan pembaca untuk menambah dan mengedit konten, yang memungkinkan komunikasi, argumen dan komentar.

E.     Ontologi dan Folksonomi
Ontologi merupakan upaya untuk mengatur bagian dari dunia data, dan untuk memungkinkan pemetaan dan interaksi antara data dalam format yang berbeda lokasi, atau yang dikumpulkan oleh organisasi berbeda di bawah asumsi yang berbeda.
Sedangkan Folksonomi adalah varian bertarget pada kata kunci yang mencari tema, dan merupakan upaya yang muncul menarik di informasi pengambilan - bagaimana saya bisa mengambil dokumen (foto).

F.     Metadata
Digambarkan sebagai metode sistematik mendeskripsikan sumber daya dan mekanisme pengaksesannya. Contoh : dalam tabel pada database relasional, terdapat properti misalnya length dan nullable yang mendeskripsikan suatu field. Kedua properti ini dapat disebut sebagai metadata. dalam semantic web, metadata yg diterapkan biasanya sudah distandarisasi, contohnya adalah DUBLINCORE.
Secara umum, metadata penting untuk pencarian yang efektif. Mereka membantu dalam menambah struktur sumber daya non-teks.






Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Autobiografi

PENGENALAN CINEMA 4D

Tutorial Pembuatan Account List Pada MYOB