Keunggulan Pada Program Java

KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena dengan rahmat, karunia, serta taufik dan hidayah-Nya  kami dapat menyelesaikan makalah tentang Bahasa Pemograman Java meskipun banyak kekurangan didalamnya. Dan juga kami berterima kasih pada Ibu Dini Trisanti selaku Dosen mata kuliah Algoritma & Pemograman 1B Gunadarma yang telah memberikan tugas ini kepada kami.
       Kami sangat berharap makalah ini dapat berguna dalam rangka menambah wawasan serta pengetahuan kita tentang Bahasa Pemograman Java. Kami juga menyadari sepenuhnya bahwa di dalam makalah ini terdapat kekurangan dan jauh dari kata sempurna. Oleh sebab itu, kami berharap adanya kritik, saran dan usulan demi perbaikan makalah yang telah kami buat di masa yang akan datang, mengingat tidak ada sesuatu yang sempurna tanpa saran yang membangun.
       Semoga makalah sederhana ini dapat dipahami bagi siapapun yang membacanya. Sekiranya laporan yang telah disusun ini dapat berguna bagi kami sendiri maupun orang yang membacanya. Sebelumnya kami mohon maaf apabila terdapat kesalahan kata-kata yang kurang berkenan dan kami memohon kritik dan saran yang membangun demi perbaikan di masadepan.


Bekasi, 1 Oktober 2015


    Penyusun



DAFTAR ISI

LEMBAR HALAMAN.....................................................................................
KATA PENGANTAR.................................................................................... 1
DAFTAR ISI.................................................................................................... 2
BAB I Pendahuluan........................................................................................ 3
A.    Latar Belakang............................................................................... 4
B.     Rumusan Masalah.......................................................................... 4
C.     Tujuan............................................................................................. 4
BAB II Pembahasan........................................................................................ 5
A.    Pengertian Java............................................................................... 5
B.     Kelebihan dan Kekurangan Java.................................................... 6
C.     Perkembangan Teknologi Java....................................................... 7
Daftar Pustaka................................................................................................. 8



BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang

Perkembangan Globalisasi informasi dan konvergensi diabad ke-21 ini telah dan sedang mengalami gencar-gencarnya inovasi dan kreatifitas dari berbagai disiplin ilmu dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi pengetahuan sekarang ini menyebabkan manusia berusaha untuk mampu dan bisa merealisasikan mimpi-mimpi masa lalu. Perangkat keras yang lebih baik, perangkat pengolahan yang lebih kecil namun berlipat ganda kuatnya, dan dengan berbagai kombinasi perangkat lunak yang lebih besar dan kompleks dan ini sekaligus juga mudah dipakai, lebih handal, bahkan gratis untuk Open Source software, di tambah lagi dengan perkembangan jaringan baik itu Internet maupun wireless network dalam fase inflasioner dengan beraneka ragam perangkat keras dan lunak di dalamnya.
Semua hal diatas menyebabkan kita harus berhenti untuk berfikir dan merenung sejenak bagaimana kita bisa mengelola kompleksitas yang tinggi dan perubahan yang cepat tersebut. Teknologi khususnya teknologi informasi dan komunikasi adalah suatu bidang garapan yang amat kompleks, yang sebenarnya disini terjadi berbagai kombinasi dan juga pengembangan gabungan dari berbagai disiplin ilmu yang amat kompleks dan diharapkan menjadi teknologi yang simple multitasking dan juga mudah untuk dipelajari, baik itu dari segi software, hardware dan ataupun perkembangan jaringan teknologi itu sendiri. Dalam perkembangan kali ini yang akan dibahas lebih lanjut adalah mengenai perkembangan software yang sangat melejit sangat cepat, bahkan bisa dibilang kecepatanya menyaingi perkembangan hardware sebagai tempat platform software itu sendiri.
Perkembangan software yang sangat cepat ini, membuat kita seharusnya selalu ingin tahu teknologi apa yang paling baru yang sedang beredar. Bilang saja dalam perkembangan software yang selalu berinovasi ini yang mencoba mampu digunakan dan padat berjalan bukan saja dalam ranah PC/Dekstop ataupun Laptop, nanun juga dapat berjalan dalam piranti-piranti yang ada di rumah (small embedded customer device) seperti TV, telepon/ handpone/ Smartphone, radio, dan sebagainya supaya dapat berkomunikasi satu sama lain. Dan hal ini ternyata sudah dilakukan oleh java, sebuah platform bahasa pemrograman yang sederhana, namun mampu dan telah melakukan berbagai hal-hal diatas.
Dari berbagai latar belakang perkembangan teknologi informasi dimasa sekarang dan kenyataan eksistensi perkembangan software. Dalam kesempatan ini akan membahas dan kenyataan ini akan membahas bahasa pemrograman java, sebagai sebuah peralatan pembuat software yang telah teruji dan produknya paling banyak berkembang dan beredar dimasa sekarang.
Mengapa penting kita belajar java?
Standarisasi yang dilakukan dalam membuat suatu bahasa pemrograman yang mampu berjalan diberbagai platform atau platform independence. Salah satu teknologi Java adalah “Write once run everywhere”, dan menjadi suatu kekuatan yang memiliki Java. Java dijalankan pada system operasi apapun tanpa perlu kompilasi ulang. Untuk komunikasi bergerak, Sun Microsystem mengenalkan Java 2 Micro Edition (J2ME) merupakan bagian teknologi Java yang digunakan untuk aplikasi Java yang berjalan pada perangkat mobile device dan teknologi Java aplikasi wireless. J2ME atau Java 2 Micro Edition adalah sebuah teknologi yang telah banyak digunakan dalam pengembangan aplikasi pada ponsel / smartphone, mulai dari aplikasi yang berupa permainan, editing, komunikasi sampai dengan aplikasi ponsel sebagai pendukung aplikasi yang paling besar. Keberadaan J2ME digunakan sebagai pusat pengembang untuk aneka teknologi java untuk device micro diantaranya adalah Personal Java, Java Card, MIDP, dll.
Java adalah sebuah platform teknologi pemrograman yang dikembangkan oleh Sun Microsystem. Pertama kali di release tahun 1991 dengan nama kode Oak yang kemudian pada tahun 1995 berganti menjadi Java. Visi Java adalah untuk membuat sebuah bahasa pemrograman yang portable dan independent terhadap platform (platform independent). Java dapat membuat perangkat lunak yang dapat ditanamkan (embedded) pada berbagai mesin dan peralatan konsumer, seperti handphone, microwave, remote control, dan lain-lain. Dan hal inilah yang sedang berkembanga pesat dalam dunia teknologi informasi dan komunikasi, khususnya dalam hal pemrograman untuk teknologi ponsel smartphone.

A.    Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang di atas, rumusan masalah yang akan dibahas pada makalah ini adalah mengenai java sebagai bahasa pemrograman, lebih detailnya adalah mengenai:
a.       Apakan bahasa pemrograman java, sebagai perancang berbagai aplikasi dan game bahkan software lainnya?
b.      Apa sajakah kelebihan dan kekurangan java?
c.       Bagaimanakah cara Installasi, Compile dan Run File Java di Comand Promt, dan Membuat Project Sederhana dengan Java?

B.     TUJUAN

Tujuan dari penyusunan Makala ini adalah:
a.       Sebagai syarat untuk menyelesaikan mata kuliah Teknologi Informasi dan Komunikasi.
b.      Sebagai bahan pembelajaran mengenai perkembangan teknologi informasi khususnya bahasa pemrograman Java.
c.       Dapat memahami, mengerti dan mendalami tentang teknologi Java, yang meliputi:
1.       Sekilas Tentang Bahasa Pemrograman Java
2.       Sejarah Bahasa Pemrograman JAVA
3.       Perkambangan bahasa Pemrograman Java
4.       Cara kerja java, secara umum
5.       Karakteristik Bahasa Pemrograman Java
6.       Kelebiahan dan Kekurangan Java
7.       Installasi, Compile dan Run File Java, dan Pembuatan Program


BAB II
A.   PENGERTIAN JAVA
Java adalah bahasa pemrograman yang dapat dijalankan di berbagai komputer termasuk telepon genggam. Bahasa ini awalnya dibuat oleh James Gosling saat masih bergabung di Sun Microsystems saat ini merupakan bagian dari Oracle dan dirilis tahun1995. Bahasa ini banyak mengadopsi sintaksis yang terdapat pada C dan C++ namun dengan sintaksis model objek yang lebih sederhana serta dukungan rutin-rutin aras bawah yang minimal. Aplikasi-aplikasi berbasis java umumnya dikompilasi ke dalam p-code (bytecode) dan dapat dijalankan pada berbagai Mesin Virtual Java (JVM). Java merupakan bahasa pemrograman yang bersifat umum/non-spesifik (general purpose), dan secara khusus didisain untuk memanfaatkan dependensi implementasi seminimal mungkin. Karena fungsionalitasnya yang memungkinkan aplikasi java mampu berjalan di beberapa platform sistem operasi yang berbeda, java dikenal pula dengan slogannya, "Tulis sekali, jalankan di mana pun". Saat ini java merupakan bahasa pemrograman yang paling populer digunakan, dan secara luas dimanfaatkan dalam pengembangan berbagai jenis perangkat lunak aplikasi ataupun aplikasi berbasis web.
B.   Keunggulan Dan Kekurangan Java
a.       Keunggulan
Java mempunyai beberapa keunggulan dibandingkan dengan bahasa pemrograman lainnya. Keunggulan bahasa pemrograman Java antara lain:

1.      Berorientasi objek
Java adalah bahasa pemrograman yang berorientasi pada objek. Java membagi program menjadi objek-objek serta memodelkan sifat dan tingkah laku masing-masing dalam menyelesaikan suatu masalah.
2.      Java bersifat multiplatform Java dirancang untuk mendukung aplikasi yang dapat beroperasi di lingkungan jaringan berbeda. Untuk mengakomodasi hal tersebut, Java compiler membangkitkan bytecodes (sebuah format yang tidak tergantung pada arsitektur tertentu yang didesain untuk mengirimkan kode ke banyak platform perangkat keras dan perangkat lunak secara efisien). Java dapat dijalankan oleh banyak platform seperti Linux, Unix, Windows, Solari, maupun Mac.

3.      Java bersifat multithread
Multithreading adalah kemampuan suatu program komputer untuk mengerjakan beberapa proses dalam suatu waktu. Thread dalam Java memiliki kemampuan untuk memanfaatkan kelebihan multi prosessor apabila sistem operasi yang digunakan mendukung multi prosessor.
4.      Dapat didistribusi dengan mudah
Java memiliki library rutin yang lengkap untuk dirangkai pada protocol TCP/IP (seperti HTTP dan FTP) dengan mudah. Kemampuan networking Java lebih kuat dan lebih mudah digunakan. Java memudahkan tugas pemrograman jaringan yang sulit seperti membuka dan mengakses sebuah soket koneksi. Java juga mamudahkan pembuatan CGI (Common Gateway Interface).
5.      Bersifat dinamis
Java dirancang untuk beradaptasi dengan lingkungan yang sedang berkembang. Java bersifat dinamis dalam tahap linking. Class yang ada dapat di link sebatas yang diperlukan, apabila diperlukan modul kode yang baru dapat di link dari beberapa sumber, bahkan dari sumber dalam jaringan Internet.
b.      Kekurangan Java
·         Tulis sekali, jalankan di mana saja - Masih ada beberapa hal yang tidak kompatibel antara platform satu dengan platform lain. Untuk J2SE, misalnya SWT-AWT bridge yang sampai sekarang tidak berfungsi pada Mac OS X.
·         Mudah didekompilasi. Dekompilasi adalah proses membalikkan dari kode jadi menjadi kode sumber. Ini dimungkinkan karena kode jadi Java merupakan bytecode yang menyimpan banyak atribut bahasa tingkat tinggi, seperti nama-nama kelas, metode, dan tipe data. Hal yang sama juga terjadi pada Microsoft .NET Platform. Dengan demikian, algoritma yang digunakan program akan lebih sulit disembunyikan dan mudah dibajak/direverse-engineer.
·         Penggunaan memori yang banyak. Penggunaan memori untuk program berbasis Java jauh lebih besar daripada bahasa tingkat tinggi generasi sebelumnya seperti C/C++ dan Pascal (lebih spesifik lagi, Delphi dan Object Pascal). Biasanya ini bukan merupakan masalah bagi pihak yang menggunakan teknologi terbaru (karena trend memori terpasang makin murah), tetapi menjadi masalah bagi mereka yang masih harus berkutat dengan mesin komputer berumur lebih dari 4 tahun.
C.   Perkembangan Teknologi  Java
Saatini Sun Microsystem membagi java menjadi 4 edisiyaitu :
  • Java Card : program Java yang digunakanpadaperlatanelektronik yang memilikimemorisangatterbatas. Misalnya Smart Card.
  • J2ME : Java 2 Platform, Micro Edition. Merupakanteknologi Java edisimikro, digunakanuntukpenerapanteknologi Java padaperalatanelektroniksepertihandphone, PDA, dll.
  • J2SE : Java 2 Platform, Standard Edition.Merupakanteknologi Java edisistandar. Digunakanuntukpenerapanteknologi Java pada computer desktop.
  • J2EE : Java 2 Platform, Enterprise Edition.Merupakanteknologi Java edisi enterprise, digunakanuntukpenerapanteknologi Java pada computer server.


DAFTAR PUSTAKA
https://id.wikipedia.org/wiki/Java

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Autobiografi

PENGENALAN CINEMA 4D

Tutorial Pembuatan Account List Pada MYOB