MAKALAH KEPENDUDUKAN DI INDONESIA ILMU SOSIAL DASAR (SOFTSKILL)



MAKALAH KEPENDUDUKAN DI INDONESIA
ILMU SOSIAL DASAR (SOFTSKILL)


Disusun Oleh :
1.      Angga Dewantoro K                          (50415764)
2.      Gabriella Vania                                   (52415800)
3.      Khalidsyah Kharisma Putra                (53415720)
4.      Nur Najmi Sania                                 (55415194)
5.      Silvia Wahyuningtias                          (56415572)



Kelas :
1IA23

Dosen :
Normanshah Banowo


Jurusan Teknik Informatika
Universitas Gunadarma
2015




DAFTAR ISI


BAB III PENUTUP.. 7




KATA PENGANTAR

            Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena dengan rahmat , karunia, serta taufik dan didayah-Nya kami dapat menyelesaikan makalah tentang Kependudukan di Indonesia ini dengan baik meskipun banyak kekurangan didalamnya. Dan juga kami berterima kasih kepada Bapak Normanshah Banowo selaku Dosen mata kuliah Ilmu Sosial Dasar Universitas Gunadarma yang telah memberikan tugas ini kepada kamu.
            Kami sangat berharap makalah ini dapat berguna dalam rangka menambah wawasan serta pengetahuan kita tentang Kependudukan di Indonesia dan semoga isi dalam makalah beserta gagasannya dapat membantu. Kami menyadari sepenuhnya bahwa dalam makalah ini terdapat kekurangan dan jauh dari kata sempurna. Oleh sebab itu, kami berharap adanya kritik, saran dan usulan demi perbaikan makalah yang telah kami buat dimasa yang akan datang, mengingat tidak ada sesuatu yang sempurna tanpa saran yang membangun.
            Semoga makalah sederhana ini dapat berguna bagi kami sendiri maupun orang yang akan membacanya. Sebelumnya kami mohon maaf apabila terdapat kesalahan kata-kata yang kurang berkenan dan kami mohon kritik dan saran yang membangun demi perbaikan dimasa depan.
                                                                                                            Bekasi, 13 Oktober 2015

                                                                                                  Penyusun






                                                                                                  

BAB I

PENDAHULUAN


Pertumbuhan di dunia sangat pesat. Hal ini dapat dilihat dari jumlah penduduk di dunia yang berjumlah hampr 10 milyar jiwa. Adapun pembengkakan jumlah penduduk di dunia ini disebabkan oleh angka kelahiran lebih tinggi dari angka kematian. Variabel dalam problema kependudukan sangatlah kompleks, meliputi banyak hal diantaranya adalah penduduk, kemiskinan, kesempatan kerja, kelaparan, keterbelakangan, fasilitas umum, fasilitas sosisal, dan sebagainta. Nyaris faktor kepadatan penduduk menjadi pangkal segala problematika kehidupan manusia itu sendiri.
Indonesia sendiri mempunyai jumlah penduduk yang besar yaitu menurut sensus 1991 terdapat hampir 200 juta orang. Jumlah penduduk yang besar itu bertambah dengan cepat walaupun program-program yang diterapkan pemerintah seperti Keluarga Berencana (KB) sudah diterpkan secara intensif. Dilihat dari tekanan penduduk, bahwa pertumbuhan penduduk memerlukan tambahan lahan untuk produksi pangan dan pemukiman dengan segala aktivitasnya.

1.      Bagaimana solusi yang tepat untuk mengatasi kependudukan?

Tujuan penulisan makalah ini adalah untuk mengkaji bagaimana cara mengatasi kependudukan di Indonesia.


               





                               
                                                                                             

BAB II

PEMBAHASAN


Bagaimana Cara Mengatasi Masalah Kependudukan Di Indonesia

 

            Assalamualaikum wr. wb., pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang masalah bagaimana cara yang tepat dalam mengatasi masalah kependudukan. Tetapi sebelum kami membahas lebih lanjut, alangkah baiknya kami mengerti bahwa kependudukan di Indonesia merupakan masalah yang paling sering dibahas baik di dalam negeri maupun di luar negeri sekalipun. Itu dikarenakan Indonesia sudah mengalami masalah kepadatan penduduk sejak awal era reformasi sampai sekarang. Kami sebagai mahasiswa yang mengkaji masalah ini mempunyai beberapa pendapat yang mungkin bisa digunakan pemerintah untuk menyelesaikan masalah kependudukan di Indonesia.
          Berikut pendapat kami sebagai mahasiswa:
1.     Menambah Kuota Beasiswa untuk Mahasiswa agar dapat Menimba Illmu di Luar Negeri
2.     Menanam Saham dan membuat perusahaan di Luar Negeri
3.     Battle Royal(Tidak Disarankan)
Berikut penjelasan dari pendapat kami diatas:
1.     Menambah Kuota Beasiswa untuk Mahasiswa agar dapat Menimba Illmu di Luar Negeri
è  Alasan kami mengusulkan pendapat ini karena kami sebagai mahasiswa berfikir dengan banyak mahasiswa mendapatkan beasiswa untuk studi diluar negeri dapat mengurangi jumlah kependudukan di Indonesia sekaligus memberi kesempatan kepada mahasiswa yang berprestasi agar ilmu yang mereka punya bisa lebih dikembangkan lebih lanjut karena fasilitas di Indonesia kurang mendukung. Dan diharapkan mahasiswa yang kembali dari studinya ke Indonesia dapat menerapkan ilmu yang mereka dapat dari studi yang telah mereka jalani dan selain untuk diterapkan di Indonesia diharapkan beberapa mahasiswa tersebut dapat membuka lapangan kerja baru di Negara tempat mereka studi dan mengambil SDM dari Indonesia.

2.     Menanam saham dan membuat perusahaan di Luar Negeri
è Alasan kami mengusulkan pendapat ini karena hal ini berhubungan dengan point yang pertama. Dengan membangun perusahaan diluar negeri otomatis SDM perusahaan tersebut mayoritas pekerjanya berasal dari Indonesia sehingga kepadatan penduduk dapat berkurang.

3.     Battle Royal (Tidak Disarankan)
è Sebenarnya kami sangat tidak menganjurkan pendapat ini tetapi dalam beberapa aspek, menurut kami cara ini efektif untuk mengurangi masalah kepadatan kependudukann di Indonesia tetapi cara ini tidak dianjurkan, karena ide ini kami dapatkan dari film yang telah kami tonton. Didalam film tersebutpemerintah jepang berupaya untuk mengurangi kependudukan di negara jepang dengan cara mengirim siswa-siswa berprilaku buruk kesuatu pualu terpencil yang dijaga oleh tentara. Di dalam pulau tersebut mereka diperintahkan untuk saling membunuh satu sama lain dan hanya menyisakan satu orang agar dapat keluar dari pulau tersebut dan satu orang ini akan diburu oleh pemerintah sebagai buronan, sebagai upaya menghilangkan jejak untuk menghampus kesalahan yang telah dibuat oleh pemerintah.





Untuk mengurangi kepadatan penduduk di Indonesia lebih efektif dengan menambah kuota beasiswa untuk pelajar di Indonesia ke luar negri, karna dengan cara itu akan ada banyak kemungkinan yang terjadi untuk mengurangi kepadatan penduduk di Indonesia.

Sebaiknya pemerintah benar – benar memperhatikan tentang masalah kepadatan penduduk di Indonesia, agar masalah kepadatan penduduk di Indonesia dapat cepat teratasi.






























Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Autobiografi

PENGENALAN CINEMA 4D

Tutorial Pembuatan Account List Pada MYOB