BUDAYA GEDJET DALAM KEHIDUPAN REMAJA



Nama               : Nur Najmi Sania
NPM               : 55415194
Kelas               : 1IA23
Mata Kuliah    : Tugas Ilmu Sosial Dasar (Softskill)
Materi              : Masalah Kependudukan Dalam Hubungan Dengan Perkembangan
  Masyarakat & Kebudayaan

BUDAYA GEDJET DALAM KEHIDUPAN REMAJA
Di era globalisasi seperti sekarang ini perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sangat cepat dan pesat. Salah satu teknologi dibidang komunikasi yang paling praktis adalah telephone seluler (handphone).
Telephone seluler atau telephone genggam (handphone) saat ini sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat modern. Dimana hampir setiap orang, termasuk mahasiswa, menggunakan handphone untuk mempermudah melakukan komunikasi serta mendapatkan informasi.
 Sekarang ini kepemilikan handphone tidak hanya didasarkan pada fungsi utama handphone yakni sebagai alat komunikasi,tetapi juga sebagai alat pengambil gambar, pemutar music, penyimpanan data, dan lain sebagainya.
Keberadaan handphone saat ini tidak hanya digunakan oleh kalangan dewasa saja. Sekarang anak-anak pun sudah banyak yang memiliki handphone dengan kecanggihan yang tidak kalah dengan handphone orang dewasa. Sehingga dampaknya terjadi tidak hanya pada orang dewasa tetapi juga pada anak-anak. Karena kecanggihan Handphonelah yang membuat banyak orang menjadi autis (berarti sibuk dengan handphonenya masing-masing) dengan  adanya kehadiran jejaring social seperti facebook,twitter,dan lain-lain, itu merupakan aplikasi yang ada di handphone.







Ada Beberapa Dampak Positif Dan Negative Yang Ditimbulkan Oleh Handphone
a.      Dampak Positif
Handphone merupakan salah satu dari perkembangan teknologi. Dengan kecanggihannya saat ini, fungsinya bukan hanya sebagai alat komunikasi saja apalagi sekarang sudah ada yang namanya internet yang bisa membantu kita dalam hal apapun. Seperti dalam hal mencari informasi, berbisnis, dan lain sebagainya.
b.      Dampak Negatif
Adapun hal negatifnya dari sebuah handphone yaitu banyak sekali anak remaja yang kecanduan dengan handphone karena jejaring sosialnya sangat membuat mereka menjadi tidak bisa lepas dengan handphonenya seperti istagram,path,twitter,facebook, dan social media lainnya. Sampai – sampai saya suka bertanya kepada teman – teman saya : lebih baik ketinggalan handphone atau dompet? Dan teman sayapun menjawab :”lebih baik ketinggalan dompet dari pada handphone” alasannya karena kalau handphone ketinggalan mereka masih bisa menghubungi keluarga dirumah untuk mengantarkan dompetnya selain itu jika hanphone yang tertinggal maka alasan mereka yaitu selain tidak bisa menelphone melainkan tidak dapat update ke jejaring sosial. Itu merupakan suatu hal yang kurang masuk akal. Dan ada juga gara – gara handphone banyak pelajar SMP atau SMA yang nilainya menurun karena keseringan bermain game dan keseringan bermain dengan dunia maya. Ada juga dampak negative lainnya dari kemajuan teknologi ini yaitu kasus penculikan, pemerkosaan, kasus pembunuhan dan kasus yang lagi hangat yaitu penjualan bayi. Saya akan membahas dua kasus yaitu pertama kasus penculikan yang terjadi gara-gara salah satu jejaring social yaitu facebook.dimana facebook itu bisa siapa saja yang menggunakannya,termasuk seorang penjahat sekalipun. Penculikan di awali dengan pendekatan pelaku dengan si korban terutama korban yang diincar itu perempuan karena perempuan gampang di rayu. Setelah melakukan perkenalan satu sama lain penculik itupun mengajak si korban untuk ketemuan dan dalam pertemuan itulah yang bisa menimbulkan penculikan. Kasus yang kedua yaitu penjualan bayi. Biasanya social media yang dipakai yaitu Instagram. Karena instagram ini sedang marak-maraknya di pakai oleh semua orang khususnya remaja. Berawal dari melihat-lihat foto instagram seorang ibu yang mengupload foto anaknya. Dan penjahat penjualan anak itu mulai bergerak mencari foto-foto dari orang tua yang mengupload foto bayinya dan mereka memasang foto anak tersebut di account instagramnya dengan caption harga anak tersebut dan contak person si penjual anak tersebut, tanpa diketahui oleh orang tua si bayi tersebut.
Demikian penulisan yang saya buat tentang kebudayaan Gedjet di kalangan remaja. Kurang lebihnya mohon dimaafkan baik kata-kata ataupun bahasa yang saya ucapkan di penulisan ini.
Saya mengucapkan Terima kasih kepada bapak Normanshah Banowo yang telah memberikan saya tugas seperti ini. Dan karena tugas ini saya memiliki banyak ilmu baru tentang kebudayaan dimasa sekarang.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Autobiografi

PENGENALAN CINEMA 4D

Tutorial Pembuatan Account List Pada MYOB