Perbandingan OS Symbian, Android dan IOS


   Pada jaman milenial seperti sekarang ini, siapasih yang tak kenal dengan kata “smartphone” ? Hampir semua kalangan masyarakat di Indonesia tau apa itu smartphone. Baik itu kalangan anak kecil sampai kalangan yang sudah lanjut usia pasti mereka sudah menggukan smartphone sebagai teman untuk pengisi waktu kosong. Sobat harus tau terlebih dahulu salah satu hal yang penting sebelum akan membeli smartphone, yaitu mengenai Operating System yang diusungkan. Karena setiap Operating System memiliki perbedaan tersendiri, baik dari sisi tampilan, fitur hingga kinerjanya. Tentunya pertimbangan tersebut disamping dari pertimbangan penting lainnya seperti pemilihan Brand atau Merk, Spesifikasi, dan Budget.

   Kali ini kita akan membahas berbandingan tiga jenis Operating System yang sudah banyak digunakan oleh pengguna smartphone, antara lain Symbian, Android, dan IOS. Berikut ini beberapa perbedaan Symbian, Android dan IOS.

     1.      Symbian Platform
   Symbian adalah sistem operasi yang dikembangkan oleh Symbian Ltd. yang dirancang untuk peralatan bergerak (mobile). Versi Symbian yang terbaru adalah Symbian ^3 dengan PR 02 yang disebut Symbian belle. Sedangkan ponsel yang paling banyak beredar saat ini menggunakan Symbian OS yaitu v6.1s, v7.0s, RV 47 75, v8.OS,v9.1s dan s60 v5. Saat ini Symbian OS telah banyak digunakan oleh berbagai vendor produk peralatan komunikasi mobile pada berbagai jenis produk mereka yang bervariasi. Variasi dari sisi hardware ini di mana Symbian OS diimplementasi dapat dimungkinkan karena sistem operasi ini memiliki antarmuka pemprograman aplikasi (Application Programming Interface; API). API mendukung terhadap komunikasi dan tingkah laku yang umum pada hardware yang dapat digunakan oleh objek aplikasi lain.
   Symbian OS sendiri bukanlah software yang sifatnya open source secara penuh, karena meskipun terdapat ketersedian API dan dokumentasinya, yang banyak membantu pihak pengembang aplikasi untuk membuat software yang berjalan di atas sistem operasi ini, dipublikasi untuk umum namun tidak untuk kode source sendiri.

      2.      Android
      Android adalah sebuah Operating System yang dikeluarkan oleh perusahaan internet raksasa yaitu Google. Yang di luncurkan pada 2007 silam, kini OS keluaran Google ini sudah menguasai pasar ponsel dengan OS Android. Kepopuleran OS Android hingga mampu menguasai pasar ponsel di seluruh Dunia, alasannya karena OS ini bersifat Open Source sehingga bisa digunakan diperangkat gadget lainnya selain di perangkat smartphone. Dengan sifatnya yang Open Source, OS Android ini memiliki banyak aplikasi-aplikasi pilihan yang tersedia dari para pengembang aplikasi, tempat aplikasi tersebut disebut dengan Play Store. Selain itu OS Android bisa digunakan pada smartphone dengan harga murah hingga harga termahal. Itulah kiranya alasan mengapa OS Android menajdi sangat popular.

Kelebihan Sistem Operasi Android
      Kinerja lebih stabil
      Dukungan software yang cukup memadai
      Pengoperasiannya lebih mudah
      Dukungan berbagai layanan dari Google

Kekurangan Sistem Operasi Android
      Sistem keamanan yang kurang

      3.      IOS
      iOS (sebelumnya iPhone OS) adalah sistem operasi perangkat bergerak yang dikembangkan dan didistribusikan oleh Apple Inc. Sistem operasi ini pertama diluncurkan tahun 2007 untuk iPhone dan iPod Touch, dan telah dikembangkan untuk mendukung perangkat Apple lainnya seperti iPad dan Apple TV. Tidak seperti Windows Phone (Windows CE) Microsoft dan Android Google, Apple tidak melisensikan iOS untuk diinstal di perangkat keras non-Apple. Hingga September 12, 2012, App Store Apple berisi lebih dari 700.000 aplikasi iOS, yang secara kolektif telah diunduh lebih dari 30  miliar kali.[5] OS ini memiliki pangsa pasar 14,9% untuk unit sistem operasi perangkat bergerak telepon cerdas yang dijual pada kuartal ketiga 2012, terbanyak setelah Android Google. Pada bulan Juni 2012, iOS mencakup 65% konsumsi data web perangkat bergerak (termasuk di iPod Touch dan iPad).Pada pertengahan 2012, terdapat 410 juta perangkat bergerak yang diaktifkan. Menurut Apple pada tanggal 12 September 2012, 400 juta perangkat bergerak iOS telah dijual sepanjang bulan Juni 2012.

sumber : 
- https://id.wikipedia.org/wiki/IOS
- https://daftarhargahp.co.id/perbedaan-ios-dan-android/
- https://id.wikipedia.org/wiki/Symbian
- http://www.klikponsel.com/perbandingan-os-android-windows-phone-ios-dan-bb/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Autobiografi

PENGENALAN CINEMA 4D

Tutorial Pembuatan Account List Pada MYOB