Teknologi Game

Nama : Nur Najmi Sania
NPM  : 55415194
Kelas  : 3IA18
Tugas  : Pengantar Teknologi Game (Softskill)

A.   Perkembangan Teknologi Game

Sejak dahulu dunia game merupakan suatu hal yang sangat diminati oleh kaum pria dari berbagai kalangan umur. Ada beragam jenis game yang sering dimainkan seperti game portable, game PC ataupun game Mobile. Dengan berjalannya waktu, perkembangan teknologi dan game semakin berkembang. Teknologi yang digunakan dalam sebuah game yaitu dapat kita lihat mulai dari logic game, design game, ataupun audio dari game tersebut. Perkembangan dunia game di Indonesia sudah dimulai sejak 15 tahun yang lalu. Pada waktu itu game yang muncul pertama kali yaitu game konsol seperti Nintendo dan Playstation, pada zaman itu pelaku industry game di Indonesia kabanyakan berperan sebagai distributor.
Jika di lihat dari sejarahnya game, Pada tahun 1970an game generasi pertama diciptakan oleh Fairchild guna untuk menghidupkan kembali dunia video game dengan menciptakan VES ( Video Entertaiment System). VES merupakan mesin pertama yang disebut “konsol”. Konsol ini menggunakan kaset magnetic yang disebut cartridge.
Setalah era konsol, masuklah era game online, yaitu sekitar tahun 2000an. Dengan adanya perkembangan popularitas game membuat berbagai perusahaan elektronik membuat trobosan baru, dan game konsol pun dibuat  dengan ukuran mini, yang serupa dengan handheld, tentu saja, konsol merupakan sebagian trobosan besar yang tidak boleh dilupakan dalam sejarah game. Pada era ini juga mulai bermunculan Namanya publisher, yaitu dimana perusahaan atau individu yang memiliki hak ekslusif untuk menerbitkan atau memasarkan setiap judul game. Salah satu game online yang cukup menyita perhatian pecinta game adalah Ragnarok Online, developer alias pembuat game ini adalah Gravitu Corporation, yaitu perusahaan game yang bermarkas dikorea selatan, tetapi publishernya adalah PT Lyto Datarindo Fortuna (Indonesia).
Jika dilihat, teknologi dalam perkembangan game sampai generasi sekarang semakin berkembang, yakni banyak muncul game dengan kualitas tinggi. Dalam pembuatan sebuah game dibutuhkan seorang programmer, designer,music composer, dll. Programmer memiliki tugas untuk membuat logic dari sebuah game, membuat aspek grafis, kecerdasan buatan pada game, dan membuat efek-efek pada game. Tugasnya seorang designer game yaitu membuat konsep art dari game, seperti membuat 2D atau 3D model, serta animasi atau karakter dari sebuah game. Dan sedangkan untuk music composer memiliki tugas untuk menggatur bagian suara dalam game.

B.    Implementasi Grafik Komputer Dalam Salah Satu Game

Implementasi adalah mewujudkan rumusan-rumusan menjadi suatu yang nyata. Memanipulasi suatu objek menggunakan computer agar kita bisa berkomunikasi melalui gamber, bagan, maupun diagram. Salah satu contoh implementasi komputer grafik dalam game yaitu game Sim City 4.
Judul game                                     : Sim City 4
Pengembang                                   : Maxis
Penerbit                                          : Electronic Arts (Windows), Aspyr Media (Mac)
Perancang                                       : Joseph Knight, Michael McCormic
Seri                                                 : Sim City
Aplikasi dasar permainan               : Kostum
Versi                                               : 1.0.2
Platform                                          : Windows, Mac OS X
Tanggal rilis                                   : 14 Januari 2003 (PC), 20 Juni 2003 (Mac)
Genre                                              : Simulasi, pembangunan kota
Mode                                              : Satu pemain
Kebutuhan system windows          : 500 MHz Pentium III prosesor. Windows XP, Windows 2000, Windows ME, or Windows 98; atau Mac OS X, versi 10.2 atau lebih. 128 MB RAM, 256 MB RAM untuk Windows XP. Ruang cakram keras 1 GB. 32 MB kartu video dan DirectX 7.0 , 8x CD-ROM drive.
Franchise SimCity merupakan salah satu seri game building terbaik yang pernah ada. Sejak rilis pertama kali pada tahun 1989, seri ini terus berkembang seiring berjalannya waktu. Dimulai dari perangkat berlayar besar seperti PC, Mac, Linux dan konsol, hingga ke perangkat yang lebih ringan seperti Nintendo DS atau mobile. Sekarang, seri ini kembali hadir dan kali ini diperuntukan bagi pengguna iOS dan Android, judulnya SimCity BuildIt.
SimCity BuildIt diharapkan bisa mengembalikan kejayaan SimCity pada eranya, setelah beberapa seri terakhirnya cenderung mengecewakan. Tetapi sayangnya, game mobile terbaru ini rupanya kembali membuat gamers-nya kecewa, seperti yang dirasakan kru KotGa ketika memainkannya. SimCity BuildIt lebih terlihat sebagai game simulasi yang penuh dengan waktu menunggu. Membangun apapun itu atau memproduksi sesuatu, selalu diikuti dengan waktu tunggu sekian detik atau menit, tergantung jenisnya. Jadi jangan harap pembangunan bisa selesai dengan cepat.
Sebuah pemukiman perumahan disini bisa berevolusi atau di-upgrade menjadi sebuah pusat perkotaan dengan gedung-gedung yang menjulang tinggi. Untuk hal ini diperlukan beberapa sumber daya (logam, kayu, plastik dan lain-lain) yang sayangnya lagi-lagi perlu waktu untuk bisa mendapatkannya. Belum lagi tambahan sumber daya olahan lainnya yang juga ada waktu tunggunya.
Game ini masuk kedalam jenis simulations game. Game dengan genre ini hadir dengan konsep yang mirip kenyataan. Semua faktor dalam game akan dibuat semirip dunia nyata, ada yang menceritakan kehidupan manusia atau kehidupan menjadi seorang walikota membangun sebuah kota. Dalam game ini semua keputusanmu berpengaruh pada karakter yang dimainkan. Inti dari game ini membuat pemain harus berpikir untuk mendirikan, membangun hingga mengatasi masalah dengan dana terbatas.

C.   Bisnis Dalam Game Komputer

Di zaman modern ini, tidak dipungkiri lagi bahwa game sangat berperan untuk sebagian besar pengguna teknologi, terutama pengguna computer. Game merupakan sarana hiburan ditengah padatnya aktivitas yang di lalui. Namun, dengan banyaknya hobi para gamers game ternyata juga dapat dijadikan sebuah bisnis yang menjanjikan.
Bisnis dalam game computer berkembang sangat pesat seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih saat ini. Dahulu para pencinta game hanya dapat menikmati game yang tersedia di dalam computer itu sendiri, namun sekarang sudah tersedia game online, dan juga game yang dapat didownload baik free maupun berbayar. Perkembangan lainnya yaitu adanya bisnis warung internet atau sering disebut dengan istilah warnet. Warnet ini merupakan tempat usaha yang dimana menyediakan game-game online yang dapat di mainkan oleh gamers tanpa harus membeli atau mendownload game tersebut. Dengan adanya fasilitas seperti tempat, perangkat computer yang lengkap, dan fasilitas pendukung lainnya, membuat para gamers betah berlama-lama untuk bermain.
Karena itu, bisnis pembuatan game digital ini makin berkembang dan banyak peminatnya. Salah satu pengembang game digital sekaligus coordinator Internasional Game Development Association (IGDA) Indonesia, Samuel Henry, mengatakan, prospek bisnis pembuatan game digital sangat menjanjikan.

D.   3D Engine dan Scane Graph

Seiring dengan berkembangnya zaman, maka semakin bertambah pula kecepatan suatu computer untuk memproses sebuah data. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu Teknik pengolahan data untuk menangani hal tersebut. Salah satu Teknik pengolahan data ini adalah dengan Scene Graph. Teknik ini memungkinkan computer untuk menghasilkan suatu model 3D yang rinci dan mendekati kenyataan dengan pengolahan data yang sederhana. Pada dasarnya, Scene Graph ini adalah sebuah metode untuk menggambarkan struktur data dengan menggunakan suatu jenis pohon bernama m-ary.
3D engine adalah sistem perangkat lunak yang dibuat dan dirancang untuk menciptakan dan mengembangkan gambar 3D, fungsionalitas inti biasanya disediakan oleh mesin permainan mencakup mesin render (renderer) untuk 2D/3D grafis.
Dibawah ini merupakan penjelasan dari beberapa Scane Graph pada game engine.
   v  GameMaker 3D



GameMaker (GM) adalah game engine untuk mengembangkan game 2D yang dibuat oleh YoYoGame. GM bertujuan untuk membantu orang dalam mengembangkan game tanpa perlu mengetahui Bahasa pemrogramannya terlebih dahulu. GM menggunakan konsep visual coding interface berbasis drag-drop sehingga cocok untuk pemula atau orang yang belum memiliki kemampuan dalam Bahasa pemrograman.
Bagi pengguna yang memiliki kemampuan coding, GM menyediakan bahasa pemrograman untuk user yang membutuhkannya yang disebut GameMaker Language (GML). GM dapat digunakan untuk membuat game 3D, walaupun fokus utama tetap untuk game 2D Ada beberapa versi untuk GM, versi gratis hanya dapat membuat aplikasi Desktop Windows dengan splash screen wajib, versi Pro mendapat tambahan fitur texture management,  export ke Windows App dan opsi untuk membeli modul export platform lain seperti Android, HTML5, iOS. Sedangkan Versi Master adalah yang mahal dan paling lengkap.

    v  Unity 3D



Unity 3D adalah sebuah game developing software. Dengan software ini, kita bisa membuat game 3D yang seru. Game developer ini sangat mudah digunakan, dengan GUI yang memudahkan kita untuk membuat derta mengedit script untuk menciptakan sebuah game 3D. Selain bisa untuk build game PC, Unity juga dapat digunakan untuk membangun game console seperti Nintendo Wii, PS3, Xbox 360, juga Ipad, Iphone, dan Android. Namun masing-masing membutuhkan biaya lisensinya sendiri. Unity kurang lebih sama dengan Blender game engine, namun unity lebih ringan dan diintegrasi lebih dalam suasana grafik.

Kelebihan Unity terdapat pada multiple platform, artinya banyak platform yang disupport oleh unity, seperti Windows, Mac, iPhone, iPad, Android, Nintendo Wii, dan juga browser. Untuk browser, kita memerlukan sebuah plug-in, yaitu Unity Web player, sama halnya dengan Flash Player pada browser. Pada unity, kita tidak bisa melakukan desain/modelling dikarenakan unity bukan tool untuk mendesain. Jadi jika kita ingin mendesain, dibutuhkan 3D editor lain seperti 3Dsmax atau Blender, kemudian kita export menjadi format .fbx.

  v  Processing
Processing adalah bahasa pemrograman dan lingkungan pemrograman yang bersifat open source yang digunakan untuk memprogram gambar, animasi, dan interaksi. Processing digunakan untuk mengajarkan dasar-dasar pemrograman komputer dalam konteks rupa dan berfungsi sebagai buku sketsa perangkat lunak dan alat produksi profesional. Processing mengintegrasikan suatu bahasa pemrograman, lingkungan pemrograman, dan metodologi pengajaran ke dalam sistem terpadu. 
Processing merupakan suatu projek yang dinisiasi oleh Ben fry dan casey reas. Berkembang dari ide-ide yang dieksplorasi di Aesthetics and Computation Group (ACG) di Mit Media Lab. Projek ini kini terus diperbaiki dan dikelola oleh sejumlah Tim Voluntir.

E.    Desain Skenario, Script Dan Storyboard Game Komputer

Dalam pembuatan sebuah game, kita harus melewati beberapa tahapan proses, yaitu tahapan mendesain scenario, membuat script game yang akan di buat dan membuat storyboard dari game tersebut. Dari masing-masing tahapan itu sangat berpengaruh dengan hasil game yang nanti dibuat.

  v  Desain Skenario
Dasar untuk membuat film yaitu scenario, maka dasar untuk membuat game yaitu desain dokuments. Kalau scenario itu untuk menentukan interior, ekstrior, dekor, pemain dan studio, maka dalam desain dokemen ada ketentuan program game, grafik, animasi,suara dan music.
Desain merupakan proses untuk membuat dan menciptakan objek baru, system, komponen atau struktur. Istilah desain berawal dari gambar atau arsitektur. Scenario adalah urutan cerita yang disusun oleh seseorang agar menjadi suatu peristiwa yang terjadi sesuai dengan yang diinginkan.
Prinsip – prinsip desain ada 7 yaitu :
1.      Keseimbangan
2.      Kesatuan
3.      Perbandingan
4.      Urutan
5.      Irama
6.      Skala
7.      Focus
  v  Script
Script identic dengan Bahasa pemrograman. Script merupakan Bahasa yang digunakan untuk menerjemahkan setiap perintah dalam situs yang sedang diakses. Script pemrograman adalah kode yang dapat meningkatkan dungsionalitas dari sebuah situs. Semakin banyak script yang digunakan maka semakin terlihat menarik dan terlihat lebih bagus.
Script dalam pembuatan game antara lain:
1.      C#
2.      Java
3.      Javascript
4.      Python

  v  Storyboard
Storyboard adalah visualisasi ide dari aplikasi yang akan di buat, sehingga dapat memberikan gambaran dari aplikasi yang akan dihasilkan. Storyboard dapat dikatakan juga sebagai visual script yang akan dijadikan outline dari sebuah projek.

Contoh Storyboard Game Edukasi
Ø     Judul Game : Tebak Arti Bahasa Arab
Ø  Tujuan : Game ini ditunjukan untuk tingkat SD kelas 6, guna untuk memberikan kemudahan dalam menghafalkan arti dari surat-surat pendek dalam al-qur’an serta arti dari asmaul husnah
Ø  Deskripsi Game : Game ini termasuk game Pendidikan atau game edukasi. Pemain yang dimainkan yaitu hanya satu pemain (single player). Yaitu dimana pemain disuruh menjawab arti dari kategori yang di pilih. Masing-masing permainan ada 3 kesempatan, Jika jawaban pemain benar maka akan lanjut ke pertanyaan selanjutnya jika salah maka nyawanya akan berkurang 1 dan mengulang pertanyaannya.
Ø  Skenario Game :
1.      Tampilan Awal Game
                        Untuk memulai permainan player menklik play pada tampilan awal.
2.      Tampilan Ke 2 : Kategori
Pada tampilan kedua ini player di anjurkan memilih salah satu kategori yang ingin di mainkan. Didalam tampilan kategori terdapat 2 pilihan yaitu Asmaul Husnah dan Surat-Surat Pendek.
3.      Tampilan Ke 3: Tampilan Jika Jawaban Benar
Pada tampilan ke 3 ini contohnya si player membuka kategori Asmaul Husnah, dan tampilan di bawah merupakan contoh jika player menjawab dengan jawaban yang benar.

         4.      Tampilan Ke 4 : Tampilan Jika Jawaban Salah
         Tampilan dibawah ini menunjukan jawaban yang salah.


Sumber penulisan :





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Autobiografi

PENGENALAN CINEMA 4D

Tutorial Pembuatan Account List Pada MYOB