Teknologi Game
Nama : Nur Najmi Sania
Tampilan
dibawah ini menunjukan jawaban yang salah.
NPM : 55415194
Kelas : 3IA18
Tugas :
Pengantar Teknologi Game (Softskill)
A.
Perkembangan
Teknologi Game
Sejak
dahulu dunia game merupakan suatu hal yang sangat diminati oleh kaum pria dari
berbagai kalangan umur. Ada beragam jenis game yang sering dimainkan seperti
game portable, game PC ataupun game Mobile. Dengan berjalannya waktu,
perkembangan teknologi dan game semakin berkembang. Teknologi yang digunakan
dalam sebuah game yaitu dapat kita lihat mulai dari logic game, design game,
ataupun audio dari game tersebut. Perkembangan dunia game di Indonesia sudah
dimulai sejak 15 tahun yang lalu. Pada waktu itu game yang muncul pertama kali
yaitu game konsol seperti Nintendo dan Playstation, pada zaman itu pelaku
industry game di Indonesia kabanyakan berperan sebagai distributor.
Jika
di lihat dari sejarahnya game, Pada tahun 1970an game generasi pertama
diciptakan oleh Fairchild guna untuk menghidupkan kembali dunia video game
dengan menciptakan VES ( Video Entertaiment System). VES merupakan mesin
pertama yang disebut “konsol”. Konsol ini menggunakan kaset magnetic yang
disebut cartridge.
Setalah
era konsol, masuklah era game online, yaitu sekitar tahun 2000an. Dengan adanya
perkembangan popularitas game membuat berbagai perusahaan elektronik membuat
trobosan baru, dan game konsol pun dibuat
dengan ukuran mini, yang serupa dengan handheld, tentu saja, konsol
merupakan sebagian trobosan besar yang tidak boleh dilupakan dalam sejarah
game. Pada era ini juga mulai bermunculan Namanya publisher, yaitu dimana
perusahaan atau individu yang memiliki hak ekslusif untuk menerbitkan atau
memasarkan setiap judul game. Salah satu game online yang cukup menyita
perhatian pecinta game adalah Ragnarok Online, developer alias pembuat game ini
adalah Gravitu Corporation, yaitu perusahaan game yang bermarkas dikorea
selatan, tetapi publishernya adalah PT Lyto Datarindo Fortuna (Indonesia).
Jika
dilihat, teknologi dalam perkembangan game sampai generasi sekarang semakin
berkembang, yakni banyak muncul game dengan kualitas tinggi. Dalam pembuatan
sebuah game dibutuhkan seorang programmer, designer,music composer, dll.
Programmer memiliki tugas untuk membuat logic dari sebuah game, membuat aspek
grafis, kecerdasan buatan pada game, dan membuat efek-efek pada game. Tugasnya
seorang designer game yaitu membuat konsep art dari game, seperti membuat 2D
atau 3D model, serta animasi atau karakter dari sebuah game. Dan sedangkan
untuk music composer memiliki tugas untuk menggatur bagian suara dalam game.
B.
Implementasi
Grafik Komputer Dalam Salah Satu Game
Implementasi
adalah mewujudkan rumusan-rumusan menjadi suatu yang nyata. Memanipulasi suatu
objek menggunakan computer agar kita bisa berkomunikasi melalui gamber, bagan,
maupun diagram. Salah satu contoh implementasi komputer grafik dalam game yaitu
game Sim City 4.
Judul game :
Sim City 4
Pengembang : Maxis
Penerbit : Electronic Arts (Windows), Aspyr Media (Mac)
Perancang : Joseph Knight, Michael McCormic
Seri : Sim City
Aplikasi dasar permainan : Kostum
Versi : 1.0.2
Platform : Windows, Mac OS X
Tanggal rilis : 14 Januari 2003 (PC), 20 Juni 2003 (Mac)
Genre : Simulasi, pembangunan kota
Mode : Satu pemain
Kebutuhan system windows : 500 MHz Pentium III prosesor. Windows XP, Windows 2000, Windows ME, or Windows 98; atau Mac OS X, versi 10.2 atau lebih. 128 MB RAM, 256 MB RAM untuk Windows XP. Ruang cakram keras 1 GB. 32 MB kartu video dan DirectX 7.0 , 8x CD-ROM drive.
Pengembang : Maxis
Penerbit : Electronic Arts (Windows), Aspyr Media (Mac)
Perancang : Joseph Knight, Michael McCormic
Seri : Sim City
Aplikasi dasar permainan : Kostum
Versi : 1.0.2
Platform : Windows, Mac OS X
Tanggal rilis : 14 Januari 2003 (PC), 20 Juni 2003 (Mac)
Genre : Simulasi, pembangunan kota
Mode : Satu pemain
Kebutuhan system windows : 500 MHz Pentium III prosesor. Windows XP, Windows 2000, Windows ME, or Windows 98; atau Mac OS X, versi 10.2 atau lebih. 128 MB RAM, 256 MB RAM untuk Windows XP. Ruang cakram keras 1 GB. 32 MB kartu video dan DirectX 7.0 , 8x CD-ROM drive.
Franchise SimCity merupakan salah satu seri game building terbaik
yang pernah ada. Sejak rilis pertama kali pada tahun 1989, seri ini terus
berkembang seiring berjalannya waktu. Dimulai dari perangkat berlayar besar
seperti PC, Mac, Linux dan konsol, hingga ke perangkat yang lebih ringan
seperti Nintendo DS atau mobile. Sekarang, seri ini kembali hadir dan kali ini
diperuntukan bagi pengguna iOS dan Android, judulnya SimCity BuildIt.
SimCity BuildIt diharapkan bisa mengembalikan
kejayaan SimCity pada eranya, setelah
beberapa seri terakhirnya cenderung mengecewakan. Tetapi sayangnya, game mobile
terbaru ini rupanya kembali membuat gamers-nya kecewa, seperti yang dirasakan
kru KotGa ketika memainkannya. SimCity BuildIt lebih
terlihat sebagai game simulasi yang penuh dengan waktu menunggu. Membangun
apapun itu atau memproduksi sesuatu, selalu diikuti dengan waktu tunggu sekian
detik atau menit, tergantung jenisnya. Jadi jangan harap pembangunan bisa
selesai dengan cepat.
Sebuah
pemukiman perumahan disini bisa berevolusi atau di-upgrade menjadi sebuah pusat
perkotaan dengan gedung-gedung yang menjulang tinggi. Untuk hal ini diperlukan
beberapa sumber daya (logam, kayu, plastik dan lain-lain) yang sayangnya
lagi-lagi perlu waktu untuk bisa mendapatkannya. Belum lagi tambahan sumber
daya olahan lainnya yang juga ada waktu tunggunya.
Game ini
masuk kedalam jenis simulations game. Game dengan genre ini hadir dengan konsep yang mirip
kenyataan. Semua faktor dalam game akan dibuat semirip dunia nyata, ada yang
menceritakan kehidupan manusia atau kehidupan menjadi seorang walikota
membangun sebuah kota. Dalam game ini semua keputusanmu berpengaruh pada
karakter yang dimainkan. Inti dari game ini membuat pemain harus berpikir untuk
mendirikan, membangun hingga mengatasi masalah dengan dana terbatas.
C.
Bisnis Dalam Game
Komputer
Di
zaman modern ini, tidak dipungkiri lagi bahwa game sangat berperan untuk
sebagian besar pengguna teknologi, terutama pengguna computer. Game merupakan
sarana hiburan ditengah padatnya aktivitas yang di lalui. Namun, dengan
banyaknya hobi para gamers game ternyata juga dapat dijadikan sebuah bisnis
yang menjanjikan.
Bisnis
dalam game computer berkembang sangat pesat seiring dengan perkembangan
teknologi yang semakin canggih saat ini. Dahulu para pencinta game hanya dapat
menikmati game yang tersedia di dalam computer itu sendiri, namun sekarang
sudah tersedia game online, dan juga game yang dapat didownload baik free
maupun berbayar. Perkembangan lainnya yaitu adanya bisnis warung internet atau
sering disebut dengan istilah warnet. Warnet ini merupakan tempat usaha yang
dimana menyediakan game-game online yang dapat di mainkan oleh gamers tanpa
harus membeli atau mendownload game tersebut. Dengan adanya fasilitas seperti
tempat, perangkat computer yang lengkap, dan fasilitas pendukung lainnya,
membuat para gamers betah berlama-lama untuk bermain.
Karena
itu, bisnis pembuatan game digital ini makin berkembang dan banyak peminatnya.
Salah satu pengembang game digital sekaligus coordinator Internasional Game
Development Association (IGDA) Indonesia, Samuel Henry, mengatakan, prospek
bisnis pembuatan game digital sangat menjanjikan.
D.
3D Engine dan
Scane Graph
Seiring
dengan berkembangnya zaman, maka semakin bertambah pula kecepatan suatu
computer untuk memproses sebuah data. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu Teknik
pengolahan data untuk menangani hal tersebut. Salah satu Teknik pengolahan data
ini adalah dengan Scene Graph.
Teknik ini memungkinkan computer untuk menghasilkan suatu model 3D yang rinci
dan mendekati kenyataan dengan pengolahan data yang sederhana. Pada dasarnya,
Scene Graph ini adalah sebuah metode untuk menggambarkan struktur data dengan
menggunakan suatu jenis pohon bernama m-ary.
3D engine adalah sistem perangkat lunak yang dibuat dan
dirancang untuk menciptakan dan mengembangkan gambar 3D, fungsionalitas inti
biasanya disediakan oleh mesin permainan mencakup mesin render (renderer) untuk
2D/3D grafis.
Dibawah
ini merupakan penjelasan dari beberapa Scane Graph pada game engine.
GameMaker (GM) adalah game engine untuk mengembangkan game 2D yang
dibuat oleh YoYoGame. GM bertujuan untuk membantu orang dalam mengembangkan
game tanpa perlu mengetahui Bahasa pemrogramannya terlebih dahulu. GM
menggunakan konsep visual coding interface berbasis drag-drop sehingga cocok
untuk pemula atau orang yang belum memiliki kemampuan dalam Bahasa pemrograman.
Bagi
pengguna yang memiliki kemampuan coding, GM menyediakan bahasa pemrograman
untuk user yang membutuhkannya yang disebut GameMaker Language (GML). GM dapat
digunakan untuk membuat game 3D, walaupun fokus utama tetap untuk game
2D Ada beberapa versi untuk GM, versi gratis hanya dapat membuat aplikasi
Desktop Windows dengan splash screen wajib, versi Pro mendapat tambahan fitur
texture management, export ke Windows App dan opsi untuk membeli modul
export platform lain seperti Android, HTML5, iOS. Sedangkan Versi Master adalah
yang mahal dan paling lengkap.
Unity 3D adalah sebuah game developing
software. Dengan software ini, kita bisa membuat game 3D yang seru. Game
developer ini sangat mudah digunakan, dengan GUI yang memudahkan kita untuk
membuat derta mengedit script untuk menciptakan sebuah game 3D. Selain bisa
untuk build game PC, Unity juga dapat digunakan untuk membangun game console
seperti Nintendo Wii, PS3, Xbox 360, juga Ipad, Iphone, dan Android. Namun
masing-masing membutuhkan biaya lisensinya sendiri. Unity kurang lebih sama
dengan Blender game engine, namun unity lebih ringan dan diintegrasi lebih
dalam suasana grafik.
Kelebihan Unity terdapat pada multiple
platform, artinya banyak platform yang disupport oleh unity, seperti Windows,
Mac, iPhone, iPad, Android, Nintendo Wii, dan juga browser. Untuk browser, kita
memerlukan sebuah plug-in, yaitu Unity Web player, sama halnya dengan Flash
Player pada browser. Pada unity, kita tidak bisa melakukan desain/modelling
dikarenakan unity bukan tool untuk mendesain. Jadi jika kita ingin mendesain,
dibutuhkan 3D editor lain seperti 3Dsmax atau Blender, kemudian kita export
menjadi format .fbx.
v Processing
Processing adalah bahasa pemrograman
dan lingkungan pemrograman yang bersifat open source yang digunakan untuk
memprogram gambar, animasi, dan interaksi. Processing digunakan untuk
mengajarkan dasar-dasar pemrograman komputer dalam konteks rupa dan berfungsi
sebagai buku sketsa perangkat lunak dan alat produksi profesional. Processing
mengintegrasikan suatu bahasa pemrograman, lingkungan pemrograman, dan
metodologi pengajaran ke dalam sistem terpadu.
Processing merupakan suatu projek yang
dinisiasi oleh Ben fry dan casey reas. Berkembang dari ide-ide yang
dieksplorasi di Aesthetics and Computation Group (ACG) di Mit Media Lab. Projek
ini kini terus diperbaiki dan dikelola oleh sejumlah Tim Voluntir.
E.
Desain Skenario,
Script Dan Storyboard Game Komputer
Dalam
pembuatan sebuah game, kita harus melewati beberapa tahapan proses, yaitu
tahapan mendesain scenario, membuat script game yang akan di buat dan membuat
storyboard dari game tersebut. Dari masing-masing tahapan itu sangat
berpengaruh dengan hasil game yang nanti dibuat.
v Desain Skenario
Dasar untuk membuat film yaitu scenario, maka dasar untuk membuat game
yaitu desain dokuments. Kalau scenario itu untuk menentukan interior, ekstrior,
dekor, pemain dan studio, maka dalam desain dokemen ada ketentuan program game,
grafik, animasi,suara dan music.
Desain merupakan proses untuk membuat dan menciptakan objek baru,
system, komponen atau struktur. Istilah desain berawal dari gambar atau
arsitektur. Scenario adalah urutan cerita yang disusun oleh seseorang agar
menjadi suatu peristiwa yang terjadi sesuai dengan yang diinginkan.
Prinsip – prinsip desain ada 7 yaitu :
1. Keseimbangan
2. Kesatuan
3. Perbandingan
4. Urutan
5. Irama
6. Skala
7. Focus
v Script
Script identic dengan Bahasa pemrograman. Script merupakan Bahasa yang
digunakan untuk menerjemahkan setiap perintah dalam situs yang sedang diakses.
Script pemrograman adalah kode yang dapat meningkatkan dungsionalitas dari
sebuah situs. Semakin banyak script yang digunakan maka semakin terlihat
menarik dan terlihat lebih bagus.
Script dalam pembuatan game antara lain:
1. C#
2. Java
3. Javascript
4. Python
v Storyboard
Storyboard adalah visualisasi ide dari aplikasi yang akan di buat,
sehingga dapat memberikan gambaran dari aplikasi yang akan dihasilkan.
Storyboard dapat dikatakan juga sebagai visual script yang akan dijadikan
outline dari sebuah projek.
Contoh Storyboard
Game Edukasi
Ø Judul Game : Tebak Arti Bahasa Arab
Ø Tujuan : Game ini ditunjukan untuk tingkat SD kelas 6, guna
untuk memberikan kemudahan dalam menghafalkan arti dari surat-surat pendek
dalam al-qur’an serta arti dari asmaul husnah
Ø Deskripsi Game : Game ini termasuk game
Pendidikan atau game edukasi. Pemain yang dimainkan yaitu hanya satu pemain
(single player). Yaitu dimana pemain disuruh menjawab arti dari kategori yang
di pilih. Masing-masing permainan ada 3 kesempatan, Jika jawaban pemain benar maka
akan lanjut ke pertanyaan selanjutnya jika salah maka nyawanya akan berkurang 1
dan mengulang pertanyaannya.
Ø Skenario Game :
1.
Tampilan Awal Game
Untuk memulai permainan player
menklik play pada tampilan awal.
2.
Tampilan Ke 2 :
Kategori
Pada tampilan kedua ini player di anjurkan memilih
salah satu kategori yang ingin di mainkan. Didalam tampilan kategori terdapat 2
pilihan yaitu Asmaul Husnah dan Surat-Surat Pendek.
3.
Tampilan Ke 3:
Tampilan Jika Jawaban Benar
Pada tampilan ke 3 ini contohnya si player membuka
kategori Asmaul Husnah, dan tampilan di bawah merupakan contoh jika player
menjawab dengan jawaban yang benar.
4.
Tampilan Ke 4 :
Tampilan Jika Jawaban Salah
Sumber penulisan :
Komentar
Posting Komentar